Gak Penting Yaa

Manyulo Karambie (Membuka Serabut Kelapa)

Seorang Bapak Sedang Membuka Serabut Kelapa (Manyulo Karambie)

Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak tahu atau belum pernah menyaksikan bagaimana proses membuka serabut kelapa, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang mungkin tidak terdapat pohon kelapa. Nah, setiap daerah mempunyai cara tersendiri mengupas kelapa. Ada dengan cara langsung di babat dengan parang seperti membuka kelapa muda. Tapi ada pula dengan cara manyulo atau mencongkel dengan menggunakan alat khusus yang dipancang ke tanah (sulo).

Gambar diatas merupakan contoh bagaimana mengelupas kulit kelapa dengan cara manyulo. Biasanya kelapa yang sudah tua sulit dibuka dengan menggunakan parang, untuk itu cara yang paling mudah adalah menggunakan sulo. Masyarakat terbiasa membuka kelapa dengan manyulo, terutama masyarakat di pariaman yang memiliki ribuan pohon kelapa. Cara seperti manyulo ini masih populer ditengah masyarakat.

Bagi yang tidak terbiasa manyulo kelapa tentu akan merasa kesulitan untuk membuka serabut kelapa. Selain membutuhkan tenaga, juga memerlukan keterampilan agar tangan tidak terluka kena ujung sulo yang tajam.

Kemajuan teknologi semakin canggih, namun kecanggihan tersebut tidak dinikmati oleh petani kelapa. Setidaknya tercipta sebuah alat atau semacam mesin canggih yang bisa memudahkan petani membuka serabut kelapa. Saya coba berpikir untuk membuat sebuah mesin yang bisa membuka serabut kelapa dengan mudah. Sayang pikiran tersebut tidak dapat terealisasi karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Notabane saya harus memiliki kemampuan teknis yang cukup untuk mewujudkan sebuah mesin pemotong serabut kelapa.

Mungkin sudah ada karya anak bangsa yang terkait dengan membuka serabut kelapa ini. Bisa saja saya yang kurang mendapatkan informasinya sehingga saya berpikiran tidak ada satupun alat untuk membuka serabut kelapa selain sulo ini. Ada yang berminat menciptakan mesin pembuka serabut kelapa secara otomatis???

 

 

Iklan

9 thoughts on “Manyulo Karambie (Membuka Serabut Kelapa)

  1. Assalamu’alaikum … saya kalau manyulo pake slumbat. Alatnya terbuat dari kayu yang buat runcing. Ada pula yang dari besi. Pokoknya tidak pake gigi seperti kuda lumping, bahaya. Terimakasih postingannya jadi mengingatkan kampung halaman, salam kenal

    Suka

  2. Hmmm… Postingannya menarik! šŸ™‚
    Salut buat Kak Ajo yang memiliki keinginan untuk membuat mesin pengupas sabut kelapa namun belum mampu untuk terealisasikan untuk saat ini. Saya kuliah di Fakultas Pertanian bagian teknologi hasil, jadi kurang ngerti untuk membuat alat. Semoga ada yang mampu menciptakan mesin tsb untuk menolong para petani. Amin.

    Suka

  3. Salam jo…
    Ambo urg pariaman..dan ambo bangga dan kagum dg potensi karambia di daerah kito…
    Ambo pun terpikir utk merancang alat ini…
    Inshaallah, ambo cubo rancang dan mengajukan judul utk Tugas Akhir ambo…
    Jika ini berhasil, dengan bangga ambo akan ambo “persembahkan” alat itu …
    šŸ˜‰

    Suka

      1. Ambo di ujuang pariaman bana jo…namo kcmatan nyo sungai garinggiang…
        Ha, ambo lh tpikia mrancang alat tepat guna ko, stelah browsing di internet ha tmpak dek ambo Blog Garam Manih ko…

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s