Gak Penting Yaa

Kotak Infak Unik Dari Sungai Sarik

Ada satu hal yang unik dan menarik di mesjid Gobah yang berdiri di nagari Sungai Sariak, Sumatra Barat. Apalagi kalau bukan kotak infaknya. Sebelumnya sudah pernah pula saya menuliskan tentang kotak infak unik yang terdapat di mesjid Muhammadiyah Lubuk Begalung.

Di mesjid Muhammadiyah Lubuk Begalung kotak infaknya terbuat dari mobil mainan yang diberi lubang diatasnya untuk memasukan sumbangan dari donatur. Sedangakan di mesjid Gobah ini lain lagi, dimana kotak infaknya seperti kotak infak kebanyakan yang terbuat dari kayu. Namun, hal yang membedakan kotak ini dengan yang lainnya adalah lobang yang terdapat pada kotak yang berbentuk kubus ini.

Biasanya kotak infak lainnya hanya memiliki satu lobang saja. Sementara kotak infak di mesjid gobah ini memiliki dua lobang. Satu lobang berbentuk persegi panjang dan satu lobang lagi berbentuk bulat. Lobang yang berbentuk persegi panjang diperuntukan khusus untuk uang koin dan boleh juga memasukan uang kertas, asal dilipat secara persegi pula. Sedangkan lobang berbentuk bulat hanya untuk uang kertas yang digulung. Jika uangnya dilipat tanpa digulung, maka jangan harap uang anda masuk kedalam kotak amal. Apalagi memasukan uang koin ke dalam lobang yang bulat, sampai kapanpun koin tersebut tak akan masuk karena lobangnya kecil sekali, pas satu gulungan uang kertas.

Berikut saya buat gambar ilustrasi dari kotak tersebut di bawah ini.

Tadinya mau foto kotak infak tersebut dengan kamera handphone. Sayang sekali handphone saya ketinggalan, sehingga tidak bisa menunjukan gambar aslinya. Jadi dengan terpaksa saya buat ilustrasinya yang memang agak semerawut, bahkan tidak mirip dengan aslinya. Supaya gak semakin bingung, cukup dengan ilustrasi sederhana ini saya dapat menjelaskan perbedaan kotak infak ini dengan kotak infak lainnya.

Biasanya kotak infak kebanyakan hanya seperti gambar di bawah ini.

Entah kenapa perhatian saya tidak pernah luput dari sesuatu hal sepele seperti kotak infak ini. Memang gak terlalu penting, tapi lebih penting lagi adalah adanya makna perbedaan dan disana terdapat pula kreatifitas manusia yang memang sulit untuk dibendung. Setiap manusia diberi kesempatan untuk berkreatifitas, tergantung bagaimana menjalankan dan memanfaatkan ide-ide yang sesungguhnya telah diberikan oleh yang maha kuasa. Adanya kotak infak dengan dua lobang tersebut merupakan bentuk dari kreatifitas manusia.

Iklan

6 thoughts on “Kotak Infak Unik Dari Sungai Sarik

  1. Kunjungan balik..

    Saya belum pernah lihat kotak infaq begitu? Kalau sempat kembali ke masjid foto ya akh? Hehe.

    Btw numpang tuker link ya, ana dah taro link antum di lapak ana.. Syukron…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s