Penting Gak Yaa

Bekerja Itu Ibadah

Apapun yang kita kerjakan anggaplah sebagai ibadah. Dengan berpikir demikian kita akan melakukan pekerjaan secara ikhlas, bahkan kita bekerja dengan hati tenang dan senang. Ketika menganggap pekerjaan sebagai ibadah maka orientasi bukan lagi bertumpu kepada hasli kerja yang bersifat duniawi, malainkan bertambah dengan orientasi akhirat. Kita tidak hanya mendapatkan untung dari pekerjaan tapi kita juga mendapatkan pahala dengan bersikap ikhlas atas pekerjaan yang dijalani.

Sebagian orang kadang menganggap pekerjaan sebagai beban dan tekanan dari atasan, sehingga merasa terpaksa bekerja karena tuntutan jabatan. Padahal dari bekerja kita belajar bertanggung jawab, belajar kejujuran dan mempraktikkan hablum minannas yang diperintahkan oleh Allah. Bekerja adalah ibadah sosial yang kita lakukan hampir setiap hari, seperti halnya ibadah ritual yang telah ditentukan menurut syariat. Tapi kita lupa bahwa pekerjaan yang kita jalani merupakan bagian dari ibadah. Sehingga kita tidak menyadari sesungguhnya aktifitas keseharian kita merupakan ibadah. 

Orang bijak berkata bahwa bekerja itu ibadah. Ungkapan demikian ada benarnya karena setiap pekerjaan yang diawali dengan niat baik dan dilakukan dengan cara yang baik, maka sama halnya dengan beribadah. Oleh karena itu, bekerja dengan hati dan bekerja secara ikhlas akan bernilai dengan diberi ganjalan pahala. Membuang duri dari jalanan saja kita sudah diganjal dengan pahala, apalagi dengan bekerja yang tidak hanya menguntungkan bagi keluarga, tapi juga bermanfaat bagi orang banyak. Tentu pekerjaan demikian akan jauh lebih bernilai dari sekedar membuang duri di jalanan.

Jadi alasan apa lagi yang membuat kita berpikir bahwa pekerjaan itu beban dan tuntutan. Bila kita selalu berpikir demikian maka sulit untuk menikmati pekerjaan yang kita jalani. Untuk itu, mulailah dengan mempersepsikan sebuah pekerjaan itu adalah ibadah. Dengan persepsi itu akan hadir energi tersendiri dalam diri untuk menjalankan pekerjaan yang kita lakukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s