Ngepos via Hape

Restoran Kubang Identik Dengan Menu Martabak Mesir

Di padang dan sekitarnya banyak ditemukan restoran bernama kubang. Restoran kubang identik dengan menu martabak mesir. Dengan nama restoran yang sama belum tentu dimiliki oleh satu orang yang sama. Tidak hanya di padang, daerah lain pun juga banyak restoran yang bernama kubang dengan menyajikan menu martabak mesir.

Entah darimana kata ini berasal sehingga dijadikan nama restoran yang ada dimana-mana dengan pemilik berbeda. Hukum paten dan hak cipta tampak tidak berlaku bagi nama ini karena tidak ada yang mematenkan. Kalaupun ada, mungkin sudah terlambat karena brand restoran kubang sudah menjalar dimana-mana.

Bila kita melihat restoran kubang maka disana ada menjual makanan martabak mesir dan menu lainnya seperti nasi goreng dan mie rebus. Tapi yang melekat dari restoran kubang adalah martabak mesir. Sebuah makanan yang dikenal juga dengan martabak telor. Asal dari martabak mesir sendiri masih simpang siur, meski bernama mesir makanan ini belum tentu berasal dari mesir. Bagi orang indonesia martabak mesir atau martabak telor sudah tidak asing lagi di lidah. Banyak tempat yang menjual makanan satu ini. Kebanyakan tempat itu bernama kubang.

Tanpa sengaja saya memperhatikan disepanjang perjalanan banyak ditemukan restoran barnama kubang dengan logo yang berbeda-beda. Kesamaan dari restoran tersebut tidak hanya dari segi nama, tapi dari sajian yang dijual. Menarik memang fenomena kubang yang menjadi merk bagi pedagang makanan martabak mesir. Fenomena ini tidak lain merupakan budaya ikut-ikutan tanpa sentuhan kreatifitas. Banyaknya restoran kubang karena banyak yang ikut-ikutan memakai nama kubang. Mungkin sebelumnya restoran kubang awalnya restoran yang menjual martabak mesir, lalu diminati oleh masyarakat.

Kemudian kesuksesan kubang menjual martabak mesir dengan laku keras dan disukai masyarakat membuat banyak orang-orang mengikuti dengan membuka restoran dangan nama kubang. Hipotesis kedua dari fenomena banyakanya restoran kubang adalah mantan karyawan dari asal restoran kubang yang membuka restoran sendiri.  Pada mulanya restoran kubang yang pertama kali berdiri memiliki karyawan, kemudian karyawan ini keluar dan membuka usaha sendiri dengan nama kubang. Penaamaan itu menjadi daya tarik untuk memikat pelanggan tempat sebelumnya ia bekerja. Hal tersebut terus menerus terjadi sehingga banyak restoran bernama kubang.

Tentu alasan dari banyakanya restoran kubang bukan dari dua alasan diatas, tidak tertutup kemungkinan ada faktor lainnya. Pada kenyataan banyak restoran kubang yang bermunculan dengan menjual menu yang hampir sama antara satu restoran dengan restoran yang lain. Sehingga restoran kubang diidentikan dengan martabak mesir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s