Ngepos via Hape

Beda Padang dan Jakarta

Satu hal yang membedakan antara padang dan Jakarta adalah makanannya. Di Jakarta rumah makan padang ada dimana-mana dengan label masakan padang disetiap estalase lauknya. Sedangkan dipadang tidak ditemukan rumah makan padang dengan label masakan padang.

Bedanya di Padang hanya ada ampera bukan rumah makan padang. Sudah barang tentu rumah makan di padang dimasak oleh orang padang sehingga tidak ada lagi merek masakan padang yang dipajang di depan estalasenya.

Dari segi rasa, masakan rumah makan padang di jakarta dengan ampera di padang jauh berbeda. Di jakarta masakan padang rata-rata kuahnya kurang kental. Sementara ampera di padang memiliki kuah yang kental. Sehingga rasanya menjadi berbeda. Mungkin di jakarta harga kelapa terlalu mahal dan langka pula. Sedangkan di Padang kelapa relatif murah dan mudah ditemukan. Jadi, kekentalan kuah masakan padang di jakarta dan padang cukup berbeda.

Disaat, jam istirahat datang saya selalu menyempatkan untuk wisata kuliner dengan mencoba berbagai macam ampera dan rumah makan yang ada disekitar tempat kerja. Hampir setiap jam istirahat saya berkeliling masuk dari satu ampera ke ampera lainnya. Hampir semua ampera rasanya sesuai dengan lidah saya yang sudah terbiasa dengan masakan padang yang pedas dengan kuah kental.

Berbeda sewaktu kuliah di Jakarta yang begitu langka menikmati masakan padang yang enak dan nikmat. Semasa kuliah, untuk bisa merasakan masakan padang yang enak harus pergi kesuatu tempat dulu yang letaknya cukup jauh dari kosan. Disekitar kosan memang banyak masakan padang, namun tidak ada satupun yang susuai dengan selera. Namun, sekarang di kampung halaman banyak sekali dijumpai masakan padang yang enak dan sesuai dengan selera.

Itulah kiranya perbedaan antara jakarta dan padang, selain masalah macetnya. Banyak menu makanan di jakarta yang tidak bisa ditemukan di padang. Sebaliknya aneka menu makanan di padang dengan mudah dijumpai di jakarta. Tapi dengan catatan rasa yang berbeda menurut ukuran lidah saya….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s