Ngepos via Hape

Membaca Tanpa Membaca

Membaca selalu identik dengan buku. Membaca dimaknai sebagai melihat dan memaknai isi dari sebuah tulisan, baik tulisan di dalam buku maupun tulisan di media lainnya. Rangkaian kata-kata menjadi isi yang dimaknai dan dipahami dari membaca.  Dengan membaca akan membuat kita mengetahui sesuatu. Tidak hanya itu, mambaca juga melatih otak kita untuk berpikir.

Manusia boleh mati, tapi tidak dengan tulisan dan pikirannya. Peradaban yang kita jalani sekarang ini adalah buah pikiran dan tulisan dari generasi sebelumnya yang bisa kita nikmati dengan membaca karya yang mereka tulis. Apa yang terjadi pada masa kini adalah cerminan masa lalu yang pernah terjadi. Banyak kejadian masa lalu di dokumentasikan menjadi tulisan yang dimanfaatkan untuk menyikapi fenomena masa kini. Dengan membaca tulisan itu kita dapat mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu.

Persoalan kemudian adalah bisakah kita mengetahui sesuatu tanpa membaca. Maksudnya, dapatkah kita mengetahui sesuatu hal tanpa membaca tulisan, buku, koran dan media lainnya. Pengetahuan yang berangkat dari pengalaman adalah sesuatu hal yang bisa kita peroleh tanpa membaca secara makna harifiah. Pengalaman adalah guru yang mengajarkan kita sesuatu hal dari kejadian yang kita alami secara langsung. Tanpa membaca kita bisa mengetahui sesuatu.

Membaca tidak selalu terkait dengan buku dan tulisan. Kita bisa membaca lingkungan, membaca keadaan dan membaca situasi. Berangkat dari pengamatan indrawi dan pengalaman yang dialami, maka kita bisa tahu sesuatu. Selain dari buku, kita dapat tahu seusatu hal dengan membaca lingkungan sekitar. Artinya, kita membaca tanpa membaca dalam makna harifiah. Jadi, membaca bukan hanya sekedar memahami dan memaknai sebuah tulisan. Tapi membaca dapat kita lakukan dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s