Ngepos via Hape

Dari Kamar ke Kantor

Kamar adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat tidur atau untuk beristirahat dari beraktifitas. Tidur merupakan sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan manusia. Badan diharuskan beristirahat setelah melakukan aktifitas seharian. Intensitas tidur seseorang berbeda-beda, ada yang cukup dengan tidur 1 jam saja sehari. Namun, ada pula yang tidur melebihi batas tidur normal sebanyak 7-8 jam sehari.

Tidur bagian dari santapan jiwa. Jika tubuh kita membutuhkan makanan dan minuman sebagai kebutuhan rutin, maka jiwa membutuhkan tidur sebagai “makanan” dan “minuman”. Kita bayangkan saja dalam 1 minggu kita tidak makan dan minum apapun, tentu badan kita akan merasa lemah dan lunglai. Begitu pula dengan tidur, bila dalam 1 minggu kita tidak tidur maka jiwa kita lalah dan lemah. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyebut tidur itu kerjaan, seperti ungkapan “tidur aja kerjaan lo

Memang tidur adalah kerjaan, tapi pekerjaan yang tidak menghasilkan uang. Penghasilan dari tidur hanya bisa dirasakan dan dinikmati oleh jiwa. Saya menggolongkan manfaat tidur ini sebagai rezeki non materi yang dikarunikan Allah kepada kita semua. Rezeki itu sendiri bermakna sebuah nilai-nilai yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Nah, nilai dari tidur tidak bisa diukur dengan uang, tapi diukur dari kebutuhan yang digunakan oleh kita sebagai manusia. Kebutuhan tidur diantara kita sendiri berbeda-beda, seperti halnya kebutuhan kalori dan materi yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Kadang manusia tidur melewati kebutuhan yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Kalau tubuh kita butuh tidur cuma 2 jam, kita harus tidur dua jam. Ketika tubuh kita membutuhkan tidur selama 7 jam, maka kita cukup tidur 7 jam. Banyak orang menyebut jangan bangun terlalu siang nanti rezekinya di cotok ayam. Ini menunjukan bahwa tidak boleh tidur melebihi kebutuhan tubuh, seperti halnya larangan mubazir.

Sementara itu, kantor adalah tempat melakukan pekerjaan yang cenderung menghasilkan keuntungan berupa materi. Dalam sebuah kantor, apapun nama kantornya, orang-0rang melakukan aktifitas untuk mencapai tujuan yang telah disepakati. Tujuan itu dapat berupa keuntungan secara materi, maupun keuntungan non materi.

Kantor identik sebagai tempat kerja untuk menghasilkan keuntungan materi. Tepatnya kantor adalah tempat bekerja. Seperti halnya kamar sebagai tempat bekerja bagi jiwa. Bedanya kantor menghasilkan nilai berupa materi, sedangkan kamar menghasilan nilai dalam bentuk non materi. Seorang presiden berkantor di istana, anggota DPR berkantor di senayan, pegawai berkantor di bangunan perkantoran, pedagang berkantor di toko, sopir berkantor diatas kendaraan, dan tukang ojek berkantor di pangkalan ojek. Jadi kantor adalah tempat melakukan aktifitas kerja yang menghasilkan nilai-nilai berupa materi, bila nilai non materi mampu di dapat dalam berkantor. Jadi, kamar dan kantor adalah tempat bekerja bagi manusia untuk menggapai rezeki yang telah ditebar Allah di muka bumi ini.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s