Ngepos via Hape

Fitri “Spiderman” Cilik dari Ciputat

Maksud hati pengen nonton siaran langsung sepakbola di TV streaming, tapi malah secara tidak sengaja nyasar di program berita. Pas mutar channel TV saya langsung lihat berita anak kecil manjat tower. Awalnya saya mengira bahwa anak itu mau bunuh diri dengan memanjat tower. Berhubung koneksi internet lemot saya tidak bisa mendengar berita secara utuh, taunya liat anak-anak manjat tower.

Tidak banyak gambaran yang saya dapat dari berita tersebut. Untungnya di akhir berita tergambar bahwa anak itu bukan bunuh diri tapi anak yang sudah biasa memanjat. Melihat hal itu saya sedikit penasaran dan langsung meluncur ke media online. Ketemulah berita Fitri ‘Spiderkid’ Nyanyi Bareng Kak Seto di Polsek Ciputat.

Waw… ternyata kejadianya di Ciputat, sebuah kota yang tidak asing lagi bagi saya. Dari judul berita terlintas bayangan bahwa anak ini memiliki keahlian seperti spiderman karena ia dijuluki “spider kid”. Di alam nyata, kemampuan memanjat layaknya spiderman dijumpai dari sosok pria Prancis bernama Alain Robert. Tentu saya merasa bangga bahwa Indonesia memiliki sosok seperti Alain Robert yang memiliki kemampuan memanjat tanpa seutas tali.

Kebanggan tersebut langsung sirna ketika saya menelisik lebih mendalam tentang Fitri si “spider kid” dari Ciputat. Motivasi fitri memanjat bukan seperti motivasi Alian Robert. Fitri memanjat karena ketakutan dikejar oleh ayahnya, lalu ia memanjat genteng. Fitri tidak takut jatuh karena pengalamanya tak pernah jatuh meskipun terpeleset digenteng ketika dikejar ayahnya. Sedangkan Alian Robert awalnya memanjat karena ia lupa letak kunci apartemenya yang berlantai delapan. Dari pada menunggu orang tuanya, ia memanjat apartemennya.

Robert termotivasi memanjat atas dasar keinginan dan inovasi ia sendiri. Dalam website pirbadinya, Robert menuliskan “Climbing is my passion, my philosophy of life.” Bagi Robert memanjat bukan hanya kegemaran, tapi bagian dari filosofi hidupnya. Dalam rekam jejaknya Robert telah memanjat hampir 85 gedung bertingkat di seluruh dunia. Prestasi tersebut tidak terlepas dari kemampuan yang selalu diasah dengan latihan oleh Alain Robert yang memang suka memanjat.

Sementara itu, Fitri bocah “spider kid” dari Ciputat bukan memiliki motivasi seperti halnya Robert yang berangkat dari inovasi dan hobi sendiri. Fitri sering memanjat karena berangkat dari perlakuan kasar yang dilakukan oleh orang tuanya. Fitri mengaku ia sering dipukul oleh ayahnya dan fitri pertama kali memanjat karena lari dari kejaran ayahnya. Belakangan fitri gemar memanjat. Setidaknya dalam dua hari Fitri telah memanjat tiga tower BTS. Sehari-hari kegemaran fitri memanjat dilampiaskan dengan memanjat genteng rumah tetangga. Ibu Fitri mengaku sudah kewalahan menghadapi fitri yang nakal, sehingga ingin membawanya ke dinas sosial.

Kabar demikian membuat kita semakin miris dengan pola dalam hubungan rumah tangga yang masih dibalut dengan kekerasan. Orang tuang sering kali melakukan kekerasan untuk menyikapi perangai anak yang dianggap nakal. Sikap demikian berdampak terhadap prilaku anak, seperti yang dialami fitri.

Jika minat memanjat fitri berangkat dari kemauan dan hobi sendiri, maka bakat itu perlu dikembangkan. Akan tetapi jika kegemaran memanjat tersebut berangkat dari faktor eksternal dari Fitri, maka perlu penanganan khusus agar Fitri tidak lagi mendapatkan tekanan dan kekerasan yang membuat ia sering memanjat.  ((1103301940trt))

Iklan

3 thoughts on “Fitri “Spiderman” Cilik dari Ciputat

  1. sangat kasihan saya melihat anak ini. beban depresi keluarga membuatnya harus berbuat nekad melakukan hal yang tidak masuk akal yang bahkan bisa mengancam nyawa.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s