Ngepos via Hape

Tulisan Cerminan Diri

Tulisan mencerminkan karakter kita. Untuk mengetahui kondisi kita maka dapat dilihat dari tulisan kita. Bila kita merasa sedih maka tulisan kita akan sedih. Bila kita senang maka tulisan kita akan ikut senang. Ketika kita merasa galau, maka tulisan kita terasa galau. Bila kita merasa sakit, maka tulisan kita tampak sakit pula.

Begitulah gambaran dari menulis. Pengetahuan seseorang dapat dilihat dari tulisannya. Kepribadian seseorang dapat dilihat dari tulisannya. Tulisan tidak hanya sekedar rangkaian kata. Tulisan menjelma menjadi petunjuk untuk mengetahui seorang manusia.

Untuk mengetahui sifat seseorang bukanlah perkara mudah. Selain kita harus mengenal orang tersebut, kita harus pengetahuan tertentu untuk bisa menjadi tools agar mememahami perangai orang tersebut. Dalam mengenal orang tentu akan memakan waktu yang panjang karena intensitas untuk bertemu orang tersebut harus sering supaya mudah memahami sifatnya. Sulit memang langsung menilai orang pada pertemuan pertama, kecuali telah dapat cara dan pengetahuan yang cukup dalam menilai karakter seseorang.  Cara tersebut adalah pengetahuan yang bahkan lebih susah didapat dibandingkan dengan intensitas pertemuan.

Tingkat kesusahan memahami orang lain tak jauh berbeda dengan tingkat kesusahan dalam menulis. Bagi penulis pemula, awal untuk mulai menulis itu susahnya minta ampun. Berbeda halnya dengan mereka yang sudah terbiasa menulis. Bagi mereka yang sudah terbiasa menulis jarang menemukan kendala dalam menuangkan ide-ide menjadi kata-kata. Biasanya mereka dengan mudah dan lancar dalam menuliskan pikirannya.

Kemampuan menulis dengan sendirinya akan melahirkan kemampuan membaca, terutama membaca tulisan orang lain dan mengitkan dengan karakter orang tersebut. Sumber inspirasi menulis tidak bisa terlepas dari membaca, baik itu membaca teks, membaca lingkungan sekitar dan membaca alam yang amat luas. Dengan menulis, kemampuan membaca akan terasah dengan sendirinya. Sehingga ketika membaca tulisan orang lain, maka dengan mudah untuk mengenal karakter orang tersebut melalui tulisannya.

Tulisan cerminan dari karakter seseorang. Dengan membaca tulisan seseorang, maka kita akan mengetahui orang tersebut. Begitupula sebaliknya, orang yang membaca tulisan kita akan mengetahui kondisi kita. Jadi, tulisan kita adalah cerminan dari diri kita sendiri. ((1103292206trt))

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s