Ngepos via Hape

Bolehkah Polisi Menerobos Lampu Merah?

Lagi-Lagi saya selalu mempunyai kesan yang kurang bagus dengan trafic light atau lampu merah. Dahulu, sewaktu saya membawa kendaraan di persimpangan kota padang, saya diberhentikan oleh petugas polisi karena dituduh melanggar aturan lampu merah.

Padahal waktu itu saya melewati persimpangan disaat transisi dari lampu merah ke kuning. Memang kendaraan dibelakang saya berhenti, tapi saya merasa bahwa saya melewati trafic light tersebut disaat lampu hijau menyala.

Sayang polisi di pos persimpangan tersebut sudah memberhentikan kendaraan saya. Awalnya dengan sedikit senyum terpakasa dia menanyakan STNK dan SIM saya. Dia melihat surat-surat kendaraan saya dan membawa ke pos polisi. Dengan terpaksa saya mengikuti langkah polisi itu. Tadinya saya menyesal juga memberikan surat kendaraan saya kepada polisi itu sebelum menanyakan kesalahan saya.

Setiba di pos, polisi tersebut memberi saya dua pilihan. Mau ditilang atau berdamai disitu saja. Uang damai yang diminta tak tanggung-tangung, 90 ribu untuk kesalahan melanggar lampu merah. Karena saya tidak terlalu paham hukum dan sedikit tekanan dari polisi, maka saya diarahkan untuk berdamai. Tapi uang saya tidak cukup. Didalam dompet hanya terselip uang 20 ribu. Tanpa pikir panjang polisi tersebut mengembat duit 20 ribu itu.

Sekarang, tak jauh dari persimpangan tersebut (tepatnya dekat persimpangan mesjid raya padang) saya menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri polisi lalu lintas (lantas) menerobos lampu merah dengan seenaknya. Semua kendaraan berhenti, hanya polisi lantas itu yang melewati lampu merah dan langsung memarkir motornya di pos. Dua orang polisi yang sudah ada di pos tersebut tidak berbuat apa-apa selain menyambut rekan mereka yang melanggar hukum dengan tertawa.

Polisi itu tampak tidak tergesa-gesa, tapi kenapa dengan semaunya saja melewati lampu merah. Seharusnya jika lampu merah menyala, semua kendaraan harus berhenti. Sayang polisi ini tidak berhenti takkala lampu merah nyala, apakah dia tidak tahu aturan bahwa semua kendaraan berhenti disaat lampu merah menyala.

Hati saya marah. Apakah ada aturan bahwa polisi boleh melanggar lampu merah?. Siapa yang bisa menilang polisi lalu lintas jika ia melanggar peraturan. Sementara dengan sewenang-wenang polisi lalu lintas menilang rakyat biasa dengan sporadis. Bila mereka sendiri yang melanggar, tidak ada hukuman sedikitpun.

Dengan rasa marah itu, saya ingin menghampiri polisi tak tahu aturan tersebut dan membentaknya. Apalah daya, keinginan tersebut hanya saya simpan didalam hati karena saya tidak mempunyai kuasa dan wewenang untuk menegur polisi tersebut. Jika saya paksakan, mungkin polisi tersebut yang akan marah kepada saya. Maklum jabatan saya bukan jenderal, saya hanya rakyat biasa.

Polisi sendiri tidak mencerminkan sikap yang baik dalam berlalu lintas. Bagaimana bisa mereka menegakan aturan lalu lintas itu sendiri jika mereka tidak bisa mentaati aturan.((1103280207trt))

Iklan

3 thoughts on “Bolehkah Polisi Menerobos Lampu Merah?

  1. Nha ini dia neh klo polisi yang ngelanggar aturan,pasti bener dia, polisi…! oknum polisi yg tak patut dicontoh gan..:-)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s