Ngepos via Hape

Mengunduh Firefox 4 Merupakan Pilihan Politis

Firefox 4

Browser Firefox meluncurkan versi terbaru, yakni firefox 4. Dalam 24 jam, firefox 4 terbaru ini  telah di download sebanyak 5,755,000.  Hingga sekarang sudah ada 13.789.740 yang mengunduh firefox 4 dan angka ini akan terus naik. Untuk dapat melihat statistik yang mengunduh firefox dapat berkunjung ke sini.

Jika ingin mengetahui review dari si rubah api ini, maka silahkan tengok disini. Bagi yang tertarik mengupdate firefox lama versi 3.6, dengan firefox 4, silahkan klik disini untuk download versi bahasa Indonesia dan klik disini untuk download versi berbahasa inggris.

Kecepatan browser firefox 4 ini cukup cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dari segi tampilan firefox 4 agak mirip dengan Opera. Sedangkan dari segi kecepatan firefox 4 tak kalah saing dengan Google Chrome dan Internet Explorer 9 (IE9). Firefox dapat bersaing ditengah ganasnya kompetisi browser yang dikuasai oleh IE 9.

Secara politis, IE9 tergolong otoriter karena mau tidak mau kita harus memakai browser buatan microsoft ini dalam paket OS windows yang digunakan. Tak heran jika 60 persen pasar browser dikuasai IE9. Bagi saya memakai firefox adalah pilihan demokratis yang berangkat dari kesadaran politik. Ibarat pemilu, firefox adalah calon pemimpin yang saya pilih di komputer pribadi saya. Sedangkan browser oposisi diduduki oleh Opera dan Google Chrome.

Jumlah Unduhan Firefox 4

Semenjak diluncurkan firefox 4 ini saya tidak lagi melirik browser Opera yang selama ini menghiasi desktop saya. Alasan memakai Opera tak terlepas dari format MHTML yang digunakan Opera dalam fasilitas menyimpan filenya. Format file MHTML ini cukup efisien dalam penyimpanan data karena filenya terintegrasi menjadi satu, tidak seperti format htm dan html dari firefox.

Setelah mendownload dan memasang firefox 4 di komputer, maka saya langsung uninstal Opera yang terpasang dibarisan program. Mungkin karena sugesti politis dari status quo firefox dangan imbalan “kesejahteran”, maka saya menyingkirkan opera yang selama ini berperan sebagai oposisi di deretan browser desktop saya.  Sedangkan IE9 sebagai market leader masih tetap berkuasa tapi memiliki wewenang yang terbatas karena jarang saya gunakan untuk berseluncur di dunia internet.

Tampilan Firefox 4

Dari beramacam-macam browser yang ada saya masih nyaman menggunakan browser milik mozila ini. Walau ada sedikit adaptasi dalam menggunakan firefox 4, terutama dalam hal tombol refresh yang tadinya terletak disebelah kiri sekarang sudah berpindah ke sebelah kanan. Selebihnya tidak ada perubahan signifikan kecuali dalam hal kecepatan dan tampilan. Oke… Selamat menikmati browser firefox 4 bagi pendukung dan penggunanya…. Semoga konsumen diuntungkan dengan adanya kompetisi di dunia browser tersebut yang menghasilkan inovasi bermanfaat. ((1103241523trt))

Iklan

2 thoughts on “Mengunduh Firefox 4 Merupakan Pilihan Politis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s