Ngepos via Hape

Hari Balai

Ketika hari pasar tiba, masyarakat berduyun pergi berbelanja ke balai. Bagi orang minang pasar disebut dengan balai. Balai identik dengan pasar tradisonal yang beroperasi sekali dalam seminggu.

Khusus masyarakat sungai sariak dan sekitarnya hari balai terjadi pada hari rabu, sehingga dikenal dengan balai rabaa (pasar hari rabu). Pada hari ini pedagang menjajakan barang dagangannya. Masyarakat yg berladang bisa menjual hasil ladangnya ke balai. Sering dijumpai pedagang kecil yang menjual langsung hasil ladangnya. Namun ada pula pedagang yang membeli barang dagangannya dari petani dan menjual kembali di balai.

Selain sayur-sayuran, di balai ada bermacam-macam kebutuhan pokok lain yang diperjual belikan. Tak ketinggalan produk jasa juga laris di hari balai, seperti jasa ojek. Angkutan umum pun meraup pundi lebih banyak di hari balai jika dibandingkan dengan hari biasa.

Potensi ekonomi pada hari balai di pasar tradisonal tersebut perlu diberdayakan lagi sehingga menjadi lebih menguntungkan bagi masyarakat.

Iklan

2 thoughts on “Hari Balai

    1. Maaf,, masalahnya saya baru nyoba posting tulisan ini lewat HP. Jadi tulisannya pendek karena keterbatasan karakter di HP… hehehe…

      Sungai Sariak terletak sekitar 30 KM dari kota Padang… Insya Allah, nanti saya bahas…. Terima kasih sudah mengingatkan…. 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s