Gak Penting Yaa

Kesendirian Tanpa Kesepian

Rintik gerimis membasahi keheningan malam. Kegalauan semakin menyisakan kesendirian. Malam begitu sunyi, sehingga menebarkan aroma hujan.  Semerbak sepi menembus diantara rintik-rintik.

Taukah kau kenapa kesendirian menyiksa hidupmu? Kesendirian juga merampas kebahagianmu? Bahkan kesendirian juga mengaburkan masa depanmu?

Itu semua terjadi karena kamu gagal melatih kesendirianmu. Kamu membiarkan kesendirianmu berjalan melewati sahara yang tak berujung. Kamu lari dari kenyataan dan menelantarkan kesendirian di dunia fana.

Kesepian adalah bentuk dari kesendirian yang gagal.  Tolong ingat itu. Jangan biarkan kamu gagal melewati kesendirianmu. Latihlah dirimu agar bahagia dengan kesendirian. Kesendirian tanpa kesepian bukan merupakan hal mustahil.

Hamka adalah sedikit dari orang-orang yang tidak pernah gagal dengan kesendirian. Ia mendekam dibalik jeruji besi yang menyajikan sejuta sepi. Tapi ia tidak membiarkan kesepian menghampiri dirinya. Akhirnya dengan ulet, Hamka mampu melewati kesendirian tanpa merasa sepi.

Meskipun saya bukan Hamka dan saya tidak sehebat Hamka. Saya yakin saya juga bisa hidup dengan kesendirian tanpa merasa kesepian. Bermodalkan keyakinan sama halnya dengan bermodal dengkul. Yang membedakannya hanya letak, jika dengkul dapat terlihat. Sedangkan keyakinan sangat abstrak dan tak jelas rupanya.

Siapa yang tidak pernah bergelut dengan kesendirian?? Tidak ada.. Tidak ada yang bisa terlepas dengan kesendirian. Bahkan untuk makhluk  berpasangan sekalipun tetap didera kesendirian.

Lalu, kenapa kita mesti takut dengan kesendiran. Kesendirian harus diisi dengan sesuatu yang bermanfaat. Latihlah kesendirian agar berguna bagi orang banyak. Sekian. ((1103150619trt))

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s