Ngepos via Hape

Kabar Burung yang Lagi Sakit

Buset dah… itulah kata yang cocok menggelontor dari mulut setelah mendengar kabar yang kurang menggembirakan dari tanah kelahiran nan tercinta.

Apalagi kalau bukan kabar burung. Upsss… kabar burung bukan dari kata kiasan lho. Tapi kabar burung sungguhan. Jangan pikir burung macam-macam ya.. Ini burung yang termasuk dalam kategori hewan beneran.

Sayangnya nih hewan membawa penyakit ke tubuh manusia kalo si burung sedang terkenan demam. Nama penyakitnya flu burung. Hati-hati kalau ketemu burung yang lagi pilek, flu dan batuk berdahak. Ntar penyakitnya bisa menular ke kita lho..

Lah.. siapa pula yang ketemu sama burung . Wong burung aja hidupnya di langit, sedangkan kita hidup di darat. Lagian burung khan jarang mempir ke rumah manusia. Paling tuh burung mangkal diatas pohon.

Burung yang menularkan penyakit ini adalah burung yang sering bersentuhan dengan manusia. Apalagi kalau bukan ayam. Entah kenapa ayam termasuk dikategorikan burung. Tak tahu lah awak ceritanya. Pastinya Ayam yang lagi berpenyakit influenza bisa menularkan penyakit kepada manusia. Penyakit itu adalah penyakit flu burung. Manusia yang terkena penyakit flu burung juga bisa menularkan ke manusia yang lain.

Jadi flu burung  tidak hanya dari hewan ke manusia, tapi juga menular dari manusia ke manusia. Dulu sering ribut-ribut masalah flu burung ini, terutama di China. Setelah itu menjalar ke berbagai negara Asia, termasuk diantaranya Indonesia. Itu dulu, sekarang lain ceritanya. Kejadiannya sudah merambah di padang. Memang agak telat sih penyakit flu burung nyampai kota padang.

Menurut kabar, rumah sakit M. Djamil Padang sudah merawat 11 pasien penderita flu burung dalam bulan maret ini. Jumlah tersebut sama dengan jumlah penderita flu burung pada tahun 2010. Bayangkan saja, dulu 1 tahun ada 11 penderita flu burung. Sekarang dalam 1 bulan sudah ada 11 penderita flu burung.

Ditambah lagi dengan banyaknya unggas yang mati mendadak di beberapa daerah di Provinsi Sumatra Barat seperti di Kota Pariaman. Bila hal ini tidak diantisipasi oleh pihak terkait. Maka tidak akan tertutup kemungkinan korban semakin bertambah banyak. Apa mesti tunggu dulu korban jiwa, baru pihak terkait serius menangani.

Tidaklah.. mudah-mudahan jangan sampai demikian. Kita berharap jangan ada korban manusia. Biarkanlah unggas-unggas saja yang mati mendadak. Jangan sampai kematian karena penyakit flu burung mendera manusia. Pihak terkait harus memutus mata rantai penyebaran penyakit flu burung. Pengawasan terhadap peredaran unggas/ayam dipasaran perlu diperketat agar ayam-ayam yang sakit tidak dijual dan di konsumsi masyarakat. Selain mengobati manusia, ayam-ayam yang sakit perlu juga ditangani supaya tidak menular ke manusia. ((1103102211pku))

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s