Ngepos via Hape

asal kata “ajo” dan “uda”

Dalam setiap budaya selalu lelaki yang lebih tua atau orang yang belum dikenal dipanggil dengan sebutan tertentu. Salah satu contoh adalah orang jawa selalu di panggil dengan mas, orang sunda dipanggil akang (aa’), orang minang dipanggil dengan uda dan orang pariaman dipanggil dengan ajo. dll.

Nah, kita sebagai orang minang harus mengetahui kenapa kita di panggil dengan sebutan uda dan kenapa orang pariaman dipanggil dengan sebutan ajo. Mungkin pernyataan tersebut terasa konyol dan tidak pantas secara ilmiah untuk dipertanyakan. Padahal sebenarnya kita harus mengetahui bagaimana identitas budaya kita itu bisa terkonstruk.

Jika, kita lihat dari kenapa orang pariaman dipanggil ajo itu mungkin karena orang pariaman itu agak susah untuk mengucapkan huruf “R”, salah satu contoh adalah kata “Piaman” lebih populer dari pada kata “Pariaman”. Maka tidak salah, bahwa orang pariaman itu dipanggil ajo Karena orang pariaman itu agak susah mengucapakan huruf “R”. Dimana kata ajo itu berasal dari kata rajo (raja), oleh karena itu sebutan yang seharusnya diucapkan dengan kata rajo berubah menjadi kata ajo.

Sintesis itu memang belum ada pembuktian secara ilmiah, tetapi hal tersebut bisa menjadi referensi bagi kita untuk menafsirkan lingkungan budaya kita. Dan saya berharap ada proses dialektika tersebut sehingga akan mengahasilkan suatu tesis dalam budaya kita.

Tetapi saya belum menemukan kenapa orang minang itu dipanggil dengan sebutan “uda.” Apakah itu dipengaruhi oleh system adat minang seperti dalam kato nan ampek yakni “mandaki, manurun, malereang dan mandata”, atau ada alasan sejarah dan budaya yang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s