Penting Gak Yaa

Takut Mati

Mata tak mau terlelap ketika mendengar berita duka dari seberang sana. Setiap pertemuan tentu ada perpisahan, begitu pula halnya dengan hidup yang mesti berakhir dengan kematian. Demikianlah ketetapan tuhan yang tidak dapat dipungkiri oleh segala makhluk hidup.

 

Takut dengan kematian merupakan efek dari kecintaan akan kehidupan dunia. Bagi mereka yang sudah mempersiapkan bekal menuju kehidupan abadi yang datang setelah mati tidak akan risau dengan kematian.

 

Bagaimana kita dapat mengelak dari ketentuan yang sudah ditakdirkan bagi kita sebagai makhluk hidup. Kita tidak dapat tawar menawar dengan malaikat Izrail yang ditugasi merenggut jiwa-jiwa yang telah bersemayam dalam raga. Metamorfosis jasad dari tanah menjadi carian sperma yang kemudian menghasilkan segumpal darah lalu kembali lagi keasalnya, yakni tanah.

 

Ibn Rusyd dan Al Ghazali boleh berbeda pandangan terkait dengan alam barzah, yakni alam setelah kematian. Walaupun berbeda, mereka tetap merasakan mati. Sebagai makhluk hidup mereka tak dapat lari dari kematian, begitu pula halnya dengan kita. Walaupun kita berbeda, kita akan melewati bagian yang dikenal dangan kematian.

 

Kita tidak tahu nomor urut kematian diantara kita. Umur tidak bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk menetukan siapa yang mati terlebih dahulu. Bila kematian merenggut orang yang kita sayangi terlebih dahulu, apakah yang kita rasakan. Begitu pula halnya jika kita mendapat jatah kematian lebih awal, bagaimana respon dari orang-orang yang menyayangi kita.

 

Kesedihan merupakan kata yang representatif untuk menjawab pertanyaan tadi. Sabar menjadi kata kunci yang melekat saat dihantam berbagai kesedihan. Bagi yang bisa melewati semua cobaan dengan sabar, maka mereka termasuk dalam kategori yang beruntung. Bukankah sabar bagian dari instrumen bagi kita untuk dekat dengan sang pencipta. Kematian ibarat alarm bagi kita untuk selalu mengingat sumber pencipta alam semesta. (3.36_06.12.10trt)

Iklan

One thought on “Takut Mati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s