Penting Gak Yaa

Mudahnya Berhenti Merokok

Bagi anda yang perokok berat, berhenti merokok merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. sedangkan bagi orang yang belum pernah merokok, menganggap bahwa berhenti merokok merupakan sesuatu hal yang sangat mudah dan gampang untuk dikerjakan. Jika ditelaah lebih mendalam, berhenti merokok itu merupakan suatu yang “gampang-gampang susah” untuk dilaksanakan.

Untuk memudahkan anda dalam upaya berhenti merokok, maka ada beberapa proses yang harus dilewati. sebelum menguraikan proses-proses ini, sebaiknya anda mengenali diri anda, kenapa anda merokok.

  • Mengapa anda merokok?. Biasanya para perokok menjawab pertanyaan ini dengan sangat mudah, yaitu karena sudah kecanduan. Namun, ada juga yang menjawab karena pergaulan, karena sudah biasa merokok sejak kecil, dan lain-lain. Nah, sekarang jawablah dalam diri, mengapa saya merokok?.
  • Untuk apa anda merokok?. kegunaan merokok bagi seorang perokok itu sangat beragam, ada yang merokok untuk menghilangi stres, adapula merokok untuk mengisi waktu luang, ada pula merokok sebagai alat sosialisasi dan lain-lainya. Coba anda jawab dalam diri anda sekarang, untuk apa saya merokok?.
  • Sadarkah anda bahaya merokok? setiap bungkus rokok selalu ada rambu-rambu yang menyatakan bahaya dari merokok. Tetapi rambu-rambu ini tidak akan mampu menakut-nakuti seorang perokok. Untuk itu yang bisa menyadari anda dari bahaya rokok hanya datang dari dalam diri anda sendiri, bukan dari bungkus rokoknya.

Setelah anda mengidentifikasi diri anda tentang merokok ini, maka anda akan menemukan dua buah kutub dalam diri anda. Kutub pertama yaitu dalam bentuk nilai-nilai positif, dimana anda akan menemukan manfaat dari merokok dalam pikiran anda, seperti rokok bermaanfaat untuk menghilangkan stres dan manfaat lainya (padahal menurut riset membuktikan bahwa merokok tidak pernah menghilangkan stres). Sedangkan kutub yang kedua ialah nilai-nilai negatif, dimana anda akan menemukan kerugian dari merokok dalam pikiran anda, seperti kerugian rokok yang akan mengganggu kesehatan anda.

Selama dalam pikiran anda tertanam nilai positif dari merokok, maka anda tidak akan pernah untuk berhenti merokok, tetapi jika anda telah membuang nilai positif tersebut dari pikiran anda maka akan mudah anda untuk berhenti merokok. Sekarang yang menjadi pertanyaannya, bagaimana menghilangkan nilai-nilai positif tersebut dari pikiran kita?

Untuk menghilangkanya maka harus melewati beberapa proses. Diantara proses-proses tersebut adalah:

Pertama, Langkah awal untuk berhenti merokok ialah dengan niat. Niatkan dalam diri anda untuk berhenti merokok, biasanya setiap perokok memiliki syarat mutlak ini. Namun, yang menjadi permasalahanya ialah seberapa besar niat untuk berhenti merokok. Ketika telah ada niat berhenti merokok, maka itu sudah merupakan awal yang sangat bagus untuk memulainya.

Kedua, tetapkan metode yang akan digunakan, apakah menggunakan metode berhenti bertahap atau berhenti total. Menurut teori, memang lebih mudah berhenti merokok secara bertahap. Namun faktanya, metode seperti ini banyak menyulitkan para perokok untuk berhenti, karena disaat-saat batangan terakhir, mereka malah makin menikmati rokok tersebut. Oleh karena itu, langkah yang terbaik ialah dengan menggunakan metode berhenti total, karena dengan metode ini anda akan berusaha dengan sekuat mungkin untuk benar-benar menghentikan kebiasaan merokok tersebut.

Ketiga, tetapkan kapan anda akan berhenti merokok. Moment untuk memulai berhenti merokok ini sangat penting sekali karena moment ini akan selalu mengingatkan anda ketika datang keinginan untuk merokok. untuk itu pilihlah moment yang tapat untuk berhenti merokok, misalnya disaat hari ulang tahun anda, hari pernikahan, tahun baru, hari kemerdekaan (17 Agustus), dan hari-hari lainya yang berkesan bagi anda.

Keempat, setelah anda menetapkan moment untuk berhenti merokok maka jangan coba-coba untuk merokok setelah moment tersebut. Jika anda mencoba untuk merokok setelah menetapkan moment tersebut maka usaha berhenti merokok anda tidak akan pernah berhasil. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan keinginan merokok pada fase ini ialah dengan cara menarik nafas dalam-dalam ketika keinginan tersebut datang.

Kelima, setelah berhasil menahan keinginan merokok, maka anda akan melewati proses terakhir yakni proses “air susu” dan “air kopi”. Maksudnya, proses “air kopi” merupakan analogi dari kebiasaan merokok. Sedangkan “air susu” merupakan analogi dari kebiasaan baru anda hidup tanpa rokok. Sekarang coba anda bayangkan sebuah gelas kopi berada di depan anda, pertanyaan kemudian ialah bagaimana anda mengeluarkan air kopi tersebut tanpa menyentuh gelasnya dan tanpa menggunakan alat apapun, karena anda akan menggantikanya dengan air susu. Untuk itu, cara yang tepat ialah dengan cara memasukan volume air susu yang lebih besar daripada volume air kopi. Maka dengan cara seperti itu anda akan bisa mengganti air kopi tersebut dengan air susu, tanpa menyentuh gelasnya.

Begitupula halnya dengan merokok, bisakah anda mengeluarkan kebiasaan dari merokok dari pikiran anda, dan kemudian menggantikanya dengan kebiasaan tanpa merokok. Analogi air susu dan air kopi akan membantu anda untuk menghilangkan kebiasaan merokok anda. Tanamkanlah dalam pikiran anda kebiasaan tanpa merokok, sehingga kebiasan merokok yang ada dalam pikiran anda sebelumnya akan hilang dan digantikan dengan kebiasan tanpa merokok.

Iklan

One thought on “Mudahnya Berhenti Merokok

  1. karena ini tulisan orang sudah berhasil menjalaninya, saya beri dua jempol, tp kl tulisan ini dibuat oleh orang yang hanya mencium asap rokok aja muntah2, saya pasti gak menghiraukan…..

    semoga saya bisa melewati tahapan2 ini Uda, saya simpan Pst Ini yaa…

    oiya menentukan kapan berhentinya itu saya setuju banget….

    doakan agar saya bisa.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s