Tour de Singkarak Lewat Depan Rumah Kami

Hari ini etape II Tour de Singkarak berlangsung di Pariaman. Rute yang dilalui pada etape II ini Padang-Lubuk Alung-Sicincin-Sungai Sarik-Pariaman. Disepanjang jalur tersebut, arus lalu lintas ditutup dari segala arah. Masyarakat bersabar dan menunggu rombongan peserta lomba agar dapat menggunakan jalan kembali seperti semula.

Meskipun ditutup, masyarakat memaklumi saja karena event internasional ini adalah agenda tahunan di sumatera barat. Banyak yang menunggu di jalanan sambil menyaksikan pembalap sepeda dari 15 negara adu kecepatan di ranah minang. Namun, ada pula sebagian kecil yang mengeluh karena jalanan ditutup. Tapi keluahannya tidak separah keluhan ketika jalan ditutup karena pejabat negara lewat.

Masyarakat yang tinggal disepanjang jalur yang dilewati sudah menunggu semenjak pagi. Mereka berkumpul di warung-warung pinggir jalan dan rumah-rumah penduduk. Serine panitia dan petugas kepolisian silih berganti lewat untuk mensterilkan jalur lomba. Di setiap persimpangan petugas kemanan bersiaga agar jalanan steril dari kendaraan baik motor maupun mobil.

Lomba Tour de Singkarak ini tidak terlalu asing lagi bagi masayarakat Sumatera Barat karena event ini sudah berlangsung pada tahun-tahun sebelumnya. Meskipun diadakan tiap tahun, tampak masyarakat cukup antusias menyaksikan lomba dari depan rumah mereka. Ada yang berhenti sementara dari pekerjaan mereka. Seperti halnya bapak Samsul Bahri yang biasa bekerja membuat pintu kayu disamping rumahnya. Tidak jauh berbeda dengan pegawai bank BRI dan BPR di Sungai Sariak yang menghentikan aktifitas mereka hanya untuk menyaksikan lomba Tour de Singkarak. Tak sedikit pula yang acuh tak acuh dengan adanya lomba sepeda ini.

Tour de Singkarak Aset wisata Sumatera Barat.

Jalur Kelok 44 (Sumber: http://www.tourdesingkarak.com)

Memang tingkat Tour de Singkarak (TdS) belum satu level dengan Tour de France yang telah begitu mendunia. Di tingkat nasional, kejuaraan Tour de Singkarak cukup diperhitungkan disamping kejuaraan Tour de Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas kejuaraan Tour de Singkarak penyelenggara bekerja sama dengan konsultan Amaury Sport Organization (ASO) yang berpengalaman menangani Tour de France. Dengan kerjasama ini diharapkan banyak tim elite dari luar negeri berpartisipasi pada kejuaran Tour de Singkarak.

Konon, pemerintahan pusat melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menggelontorkan dana sebesar 4 Miliar untuk penyelenggaran Tour de Singkarak 2011. Betapa tidak, kejuaraan berskala internasional ini mengandung aspek olahraga dan aspek pariwisata. Dengan meningkatnya kualitas kejuaraan akan berdampak bagus bagi dunia pariwisata di Indonesia, khususnya pariwisata di Sumatera Barat.

Salah satu tempat unik yang dilalui oleh peserta dari kejuaraan TdS adalah kelok 44 yang berada di Maninjau. Karakteristik jalannya yang penuh dengan tikungan tajam dan mendaki membuat Tour de Singkarak berbeda dengan kejuaraan lainnya. Selain itu, banyak tempat-tempat wisata di sumatera barat menjadi jalur lomba, seperti jam gadang, danau maninjau, pantai gandoriah, danau atas – dana bawah, danau maninjau dan objek wisata lainnya. Sambil menyaksikan lomba balap sepeda, wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan alam minangkabau.

Potensi inilah yang kemudian dipandang sebagai aset berharga pariwisata Indonesia untuk menarik minat wisatawan mancanegara dan wisatawan local berkunjung ke ranah minang. Keseriusan pemerintah daerah pada kejuaraan Tour de Singkarak akan berdampak pada kesuksesan lomba bertaraf internasional ini. Disamping itu, partisipasi masyarakat ikut pula menentukan sukses tidaknya kejuaraan Tour de Singkarak.

 

About these ads

6 thoughts on “Tour de Singkarak Lewat Depan Rumah Kami

  1. februari kemarin waktu bunda pulkam, sempat foto di kelok 44, pas di kelok 31 yg ada rumah gadangnya ,Gusti :)
    bener2 ya kampung kita ngangenin banget…………
    bukan apa2, dgn segala keindahan alam yg msh asri, siapa yg gak akan betah melihat dan memandang, sekaligus mengangumi keindahan ciptaan Allah swt.

    salam

  2. LOWONGAN PERUSAHAAN ONLINE GAJI HINGGA 15 JUTA RUPIAH

    1. Penawaran Gaji Pokok 2 Juta/Bulan
    2. Jenis Tugas (Pekerjaan) Hanya Meng-Entry Data Secara Online Dari Rumah Anda, Per Entry 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng’Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
    3. Untuk Semua Golongan Individu Pelajar/Mahasiswa/Karyawan Yang Memiliki Koneksi Internet, Dapat Dikerjakan dirumah/diwarnet.
    4. Dapatkan Gaji 200Rb Didepan Setelah Pendaftaran Untuk Semangat Kerja Pertama Anda.
    5. Cara Pendaftaran di http://kerjaonline200.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s